Komodo Aset Penting Indonesia

By Unknown - Juni 03, 2017




    Komodo Aset Penting Indonesia -Tidak dapat dipungkiri bahwa indonesia merupakan negara yang memiliki pesona alam paling indah. Selain memiliki berbagai macam lokasi alam yang indah indonesia juga memiliki beragam aneka satwa. Salah satunya komodo, indonesia merupakan satu-satunya negara asal hewan yang mendapat julukan kadal raksasa atau reptil terbesar didunia. Indonesia sendiri harus bangga dengan keberadaan komodo ini, selain sebagai bukti keberagaman satwa di indonesia setelah Taman Nasional Komodo sendiri di nobatkan sebagai The New 7 Wonders of Nature atau 7 keajaiban dunia pada 2012 lalu komodo menjadi aset yang sangat penting bagi indonesia.

    Selain keberadaannya yang cukup langka karena hanya ada di indonesia keunikan dari komodo sendiri juga penyebab Komodo Aset Penting Indonesia. Seperti keunikan pada tubuh komodo yang merupakan kadal terbesar didunia didukung dengan fakta bahwa komodo dapat memiliki panjang hingga dua atau tiga meter dengan berat 70kg yang bentuk tubuhnya menyerupai kadal. Namun ada spesies komodo yang memiliki ukuran lebih besar dari komodo biasa yaitu komodo dragon, dia memiliki panjang lebih dari 10 kaki 3 meter dan berat mampu mencapai 166kg, sungguh besar bukan ? tidak heran hal tersebut membuat komodo menjadi sangat populer.

komodo-aset-penting-indonesia
KOMODO DRAGON


    Tidak hanya tubuhnya yang memiliki ciri khas unik. Komodo juga memiliki reputasi yang baik sebagai hewan yang mengerikan, karena dengan tubuh yang besar dengan cakar-cakar yang panjang komodo dapat berlari cepat hingga 15-20km per jam. Tidak terbayang kan bila kita dikejar oleh komodo ? pasti akan terasa sangat mengerikan.

    Namun komodo memiliki kekurangan yaitu tidak memiliki telinga sebagai indra pendengaran. Namun untuk menutupi kekurangannya komodo memiliki lidah yang cukup peka berbentuk seperti lidah ular yang mampu menjadi pendeteksi rasa dan juga navigasi untuk menutupi kekurangannya tersebut. Dengan itu lah bahwa komodo aset istimewa bagi indonesia.


Komodo Aset Penting Indonesia


    Untuk masa hidupnya komodo terbilang cukup lama sebagai reptil. Karena komodo dapat hidup hingga 50 tahun, dan cara komodo untuk bertahan hidup salah satunya dengan memiliki senjata beracun. Air liur komodo sendiri menagndung sejuta bakteri menular yang sangat berbahaya. Infeksi mematikan bisa terjadi jika terkena gigitan komodo hal ini mempermudah komodo untuk melumpuhkan mangsanya atau bertahan hidup dari predator lain dan komodo lain tentunya karena komodo memiliki sifat kanibalisme.

    Dengan di dukungnya kemampuan tubuh yang baik dan senjata yang mematikan hal itu menempatkan komodo sebagai puncak makanan lokal mereka. Mangsa favorit mereka merupakan  rusa liar dan babi hutan, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa komodo juga dapat memangsa makhluk hidup lainnya. Komodo memiliki mekanisme rahang seperti ular yang dapat melepaskan engsel rahang lebih rendah untuk membantu mereka menelan makanan. Hal itu membuat komodo dapat memakan mangsa yang berat nya 80% dari berat badan mereka sendiri.

    Selain keunikan yang saya sampaikan diatas komodo masih memiliki beragam keunikan lainnya. Seperti jumlah nya yang sudah memasuki skala kritis. Oleh karena itu kita sebagai manusia wajib menjaga kelangsungan hidup hewan-hewan langka seperti komodo ini dengan menghentikan perburuan liar dan perusakan lingkungan alam. Sekian sedikit ulasan dari saya semoga bermanfaat bagi anda untuk menambah pengetahuan tentang komodo merupakan aset penting indonesia.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar